Pengusaha Vs Buruh

Bulan Oktober lalu terjadi sebuah peristiwa serempak di berbagai kota di Indonesia. Ribuan kaum buruh turun ke jalan menyuarakan aspirasi dan tuntutan mereka yaitu kenaikan Upah Minimum Regional (UMR). Melihat tayangan aksi para buruh di media dan televisi sepertinya mereka tidak main-main dan serius dengan tuntutan mereka. Namun aksi mereka menimbulkan permasalahan baru yang tidak kalah serunya. Beberapa pengusaha mengalami kerugian besar dan mungkin akan terjadi lagi PHK massal. Kenapa sampai peristiwa ini terjadi dan berdampak besar di negeri ini, bukankah sudah ada Kementrian Tenaga Kerja, Departemen Tenaga Kerja yang mengatur semuanya ? Coba sejenak kita lihat permasalahan tersebut ( mohon maaf bukan bermaksud menggurui ya...)

BURUH :
Buruh adalah para pekerja di sebuah perusahaan yang mempunyai peran vital dalam mendapatkan profit perusahaan. Mereka bekerja dan di gaji sesuai dengan peraturan perusahaan masing-masing. Dengan gaji yang beragam mereka harus bisa "survive" untuk menghidupi dirinya dan keluarga. Sementara di sana-sini terjadi kenaikan harga. Mulai dari harga sembako, BBM, dan TDL. Beban hidup yang kian bertambah semakin membuat mereka kesulitan untuk bisa bertahan. Sementara pihak perusahaan tetap tidak mau menaikkan gaji mereka. Maka tidak ada pilihan lain selain TURUN KE JALAN, menyuarakan aspirasi dan tuntutannya.

PENGUSAHA :
Pengusaha adalah pemilik perusahaan yang mempekerjakan para buruh dan menggaji mereka sesuai dengan peraturan perusahaan. Mereka mengatur semua kebutuhan perusahaan untuk bisa bersaing dan tetap "survive". Mereka yang menentukan biaya produksi, gaji karyawan, operasional, dll. Karena banyak kenaikan harga disana-sini, mereka juga harus mengatur keuangan agar perusahaan tetap bisa bertahan.

AKIBAT DEMO BURUH
1. Sekitar 6 perusahaan akan meninggalkan Indonesia dan beralih ke luar negeri, ini akan disusul oleh ratusan perusahaan lainnya.
2. Beberapa perusahaan mengalami kerugian miliaran sampai triliunan akibat demo buruh kemarin.
3. Karena banyak perusahaan yang memindahkan lokasi usahanya di luar negeri, maka akan terjadi permasalahan baru yaitu PHK MASSAL.

Semoga permasalahan ini dapat menjadi pelajaran berharga buat kita semua, dan ke depannya tidak ada lagi permasalahan serupa yang menimpa negeri ini. Kita harus optimis dan berdoa, karena mungkin hanya ini yang dapat kita lakukan sekarang ini. Untukmu Indonesiaku...

0 komentar:

Post a Comment

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes