Abg Rentan Terkena Kanker Payudara

Anggapan yang beredar di masyarakat bahwa kanker payudara itu hanya menyerang wanita yang berusia di atas 30 tahun adalah salah. Penyakit mematikan itu kini sudah merambah ke gadis-gadis belia atau ABG. Berdasarkan laporan Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), pada tahun 2005 jumlah perempuan penderita kanker payudara mencapai 1.150.000 orang, 700.000 diantaranya tinggal di negara berkembang, termasuk Indonesia.

Penyakit yang masih menjadi ancaman kaum perempuan ini, disebabkan oleh factor resiko seperti kebiasaan merokok, perokok pasif, minuman beralkohol, makanan tinggi lemak, dan melahirkan di atas usia 30 tahun. Gejala yang dapat dikenali secara dini sekitar 80 persen antara lain berupa timbulnya benjolan di payudara yang mengeluarkan cairan tidak normal berwarna kemerahan, eksim yang tidak sembuh-sembuh di sekitar puting susu.
Kaum wanita juga perlu mewaspadai masa haid yang lebih cepat, karena ini juga merupakan salah satu gejala kanker payudara. Konsumsi sayur dan buah pada ABG atau remaja sangat rendah. Saat ini, di Indonesia kanker payudara menduduki peringkat dua terbanyak setelah kanker mulut rahim. Sayangnya, penderita kanker payudara di Indonesia kerap berakhir dengan kematian.

0 komentar:

Post a Comment

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes